Green Fam (Green Family) dan Launching Greenschool SMP 10 Yogyakarta

IMG_2729

Pada hari Minggu tanggal 3 Maret 2013 di SMP Negeri 10 Yogyakarta diadakan kegiatan Green Fam (Green Family) dan Launching Greenschool. Acara melibatkan siswa-siswi SMP 10 bersama orang tua, guru, karyawan, dan berbagai pihak terkait. Hadir pada saat itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang diwakili Bapak Sugeng Mulyo Subono selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Kepala BLH yang diwakili oleh Bapak Sekretaris, Bapak Camat Umbulharjo, Bapak Ketua RT setempat, Pengawas Sekolah, Pengurus Komite Sekolah. Selain itu juga tamu undangan dari Polsek dan Koramil.

Acara dimulai pada pukul 7.30. Kepala SMP N 10 Yogyakarta melepas siswa, orang tua, guru, dan karyawan untuk berkeliling ke lingkungan di luar sekolah sambil memunguti sampah. Hal ini merupakan bentuk kegiatan yang menunjukkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar sekolah. Sampah-sampah yang ditemukan lantas dimasukkan ke tong-tong sampah yang dibawa oleh tiap kelompok.

Seusai berkeliling memunguti sampah, acara dilanjutkan dengan pentas seni yang diselingi dengan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, Kepala SMP N 10 mengatakan bahwa sekolah merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Oleh sebab itu, SMP Negeri 10 sebagai salah satu sekolah yang peduli lingkungan berusaha menciptakan kondisi yang nyaman bagi seluruh warga sekolah dalam melaksanakan seluruh proses pendidikan untuk membentuk insan yang paripurna. Sekolah juga menjadi tempat penyadaran bagi seluruh warga sekolah, yaitu guru, karyawan, dan para siswa sehingga mereka dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan untuk mendukung pembangunan.

Berkaitan dengan hal tersebut, yang sudah dilakukan SMP N 10 antara lain

  1. Menjaga sekolah agar tetap teduh dengan berbagai pepohonan yang ada
  2. Penanaman pucuk merah, setiap kelas mendapat tanggung jawab menanam dan merawat 3 batang pucuk merah. Ada 15 kelas sehingga ada 45 pucuk merah yang nanti akan menambah penyediaan oksigen di lingkungan sekolah
  3. Dalam kegiatan pramuka, setiap siswa diminta membawa satu tanaman untuk ditanam di sekolah
  4. Pada masa orientasi sekolah, setiap siswa kelas tujuh juga diminta membawa satu tanaman untuk ditanam di sekolah
  5. Menyediakan tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik
  6. Untuk mewadahi kreativitas siswa, ada kelompok musik botol. Jadi, anak-anak menggunakan botol-botol bekas sebagai alat musik.

Selain itu, tak henti-hentinya pengelola sekolah menanamkan kesadaran kepada seluruh warga sekolah untuk melakukan tindakan-tindakan kecil sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, antara lain penggunaan air dan listrik secara bertanggung jawab, menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang dan memilah sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan kertas, merawat tanaman, dan sebagainya.

Kepala Sekolah juga mengajak seluruh hadirin, khususnya warga SMP Negeri 10 Yogyakarta untuk selalu peduli pada lingkungan dengan slogan Hijau sekolahku, sehat lingkunganku, nyaman belajarku.

Sambutan juga diberikan oleh Bapak Kepala Bidang Dikdas dan Bapak Camat Umbulharjo. Keduanya sangat mengapresiasi kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan warga SMP N 10 Yogyakarta pada hari itu.

Lembaga SHIND sebagai lembaga yang peduli pada lingkungan, menyumbangkan 200 pohon kenanga, yang sebagian akan ditanam di lingkungan SMP N 10 Yogyakarta dan sebagian akan diberikan kepada penduduk setempat untuk ditanam di halaman rumah mereka. Pada kesempatan itu, secara simbolik Kepala Sekolah menyerahkan bibit pohon kenanga kepada Ketua RT setempat.

Usai pentas seni, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman tiga batang pohon kenanga di halaman belakang SMP N 10 Yogyakarta oleh Kepala Sekolah, Bapak Camat, dan Bapak Sekretaris Kepala BLH Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Peduli Sampah. Acara ini didukung oleh Pemerintah Kota, BLH, bersama Lembaga SHIND (Secercah Harapan Indonesia), Akademi Keperawatan Notokusumo, XL, Propan, Toko Lancar, dan sebagainya. (ns)

IMG_2776IMG_2801IMG_2803IMG_2868IMG_2821

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s