Muda Juga Berbudaya

Muda Juga Berbudaya

(Pentas Seni SMP Negeri 10 Yogyakarta Tanggal 29 Mei 2013)

pensi 133

Dalam naungan langit yang sedikit redup, acara Pentas Seni SMP Negeri 10  Yogyakarta “Tensation 2013” dimulai. Pentas seni ini diselenggarakan untuk memberikan wadah berkreasi, berseni, dan berbudaya bagi siswa siswi SMP Negeri 10 Yogyakarta. Selepas kelas IX mengikuti ujian tentu ingin mengungkapkan rasa gembira bersama-sama. Ungkapan rasa gembira itu disalurkan lewat berbagai atraksi seni yang ditampilkan di hadapan guru, karyawan, orang tua, alumni, dan seluruh siswa.

Tepat sekali tema yang dipilih, yaitu “Muda juga Berbudaya”. Maksudnya, para siswa SMP Negeri 10 Yogyakarta sebagai anak-anak muda juga berbudaya. Budaya bukan hanya milik orang tua saja. Menurut WikipediaBudaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Dengan demikian, seni hanyalah salah satu bagian dari budaya.

Manusia yang berbudaya adalah manusia yang senantiasa menggunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan bagi sesamanya dan seluruh alam. Dan hal yang membahagiakan hidup manusia itu pastilah sesuatu yang baik dan benar. Oleh sebab itu hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran, kedamaian, dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya. Mudah-mudahan tema yang dipilih itu tidak hanya berhenti pada tulisan di panggung pentas seni saja melainkan juga mengalir dalam darah siswa siswi Spetenta sehingga seluruh siswa betul-betul menjadi manusia yang berbudaya.

Kegiatan pentas seni 2013 ini mempunyai berbagai manfaat yang positif, antara lain sebagai ajang berkreasi dalam seni dan budaya, sebagai bentuk latihan menyelenggarakan suatu kegiatan secara mandiri yang mengandung unsur kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, keberanian, kekompakan, kesetiakawanan, dan kerja keras.

Pentas seni ini selain diisi berbagai atraksi seni dari siswa-siswi, juga diisi bintang tamu, yaitu kelompok musik Plenthong Konslet dari Yogyakarta. Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 s.d. pukul 13.00 ini berlangsung lancar, meriah, dan penuh suka cita.

Seusai acara, para siswa beramai-ramai membersihkan halaman sekolah dari sampah bekas makanan dan minuman yang berserakan. Ini adalah bagian dari budaya yang ditanamkan di SMP Negeri 10 untuk selalu menjaga kebersihan sekolah dan lingkungan.

Kegiatan ini terselenggara tidak lepas dari kerja keras dan bantuan berbagai pihak. Untuk itu, diucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru, terutama yang secara langsung membimbing para siswa, karyawan, panitia, para sponsor, para alumni, orang tua siswa, dan seluruh siswa SMP 10 Yogyakarta. Mudah-mudahan jerih payah yang telah dilakukan berbuah kebaikan untuk semua. Sekali lagi terima kasih.

Semoga dengan pentas seni ini, SMP 10 semakin cetar membahana di Jogja, di Indonesia, dan di dunia …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s