Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2013

Hari ini, tanggal 9 Desember 2013 diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia. Korupsi merupakan salah satu bentuk kejahatan yang sangat merugikan negara. Bahkan, bila korupsi sudah sedemikian besar, bisa mengancam kelangsungan sebuah negara. Peringatan hari antikorupsi sedunia menunjukkan bahwa seluruh dunia bersepakat untuk memerangi korupsi.

Pemerintah Indonesia sudah berupaya untuk memerangi dan memberantas korupsi, namun para koruptor baru terus bermunculan. Perlu kerja keras dan dukungan berbagai pihak agar program pemberantasan korupsi berhasil. Seluruh rakyat harus mendukung pemberantasan korupsi bila kita tidak ingin Indonesia digerogoti terus-menerus oleh makhluk bernama KORUPTOR.

Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk pendidikan antikorupsi. Oleh sebab itu pendidikan antikorupsi perlu diintegrasikan dalam seluruh mata pelajaran yang ada di sekolah. Selain itu, keteladanan pimpinan sekolah dan seluruh guru untuk bersikap antikorupsi merupakan hal yang wajib dijalankan. Bila budaya antikorupsi sudah ditanamkan sejak dini kepada seluruh siswa, diharapkan sikap antikorupsi mendarah daging sehingga kelak bila para siswa menjadi insan dewasa mereka tetap bersikap antikorupsi.

Peringatan hari antikorupsi hanya dilakukan satu hari yaitu tanggal 9 Desember, namun setiap hari adalah hari antikorupsi. Dengan demikian, korupsi harus kita perangi setiap hari setiap waktu setiap saat.  (YNS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s