Sosialisasi JPD (Jaminan Pendidikan Daerah) 2014 di SMP Negeri 10 Yogyakarta

Pada hari Kamis, 23 Januari 2014 diselenggarakan acara sosialisasi JPD di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Sosialisasi dihadiri seluruh orang tua siswa pemegang KMS (Kartu Menuju Sejahtera), baik kelas VII, VIII, maupun IX. Pada kesempatan itu, diundang dua pembicara dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, yaitu Ibu Suryatmi dan Bapak Agus Tri Mardi yang mengelola dana JPD.

Dalam pengantarnya, Kepala SMP Negeri 10 Yogyakarta mengajak seluruh orang tua pemegang KMS untuk mensyukuri adanya dana JPD ini yang sungguh bermanfaat dan berarti untuk membantu memenuhi kebutuhan putra putrinya. Dan lebih bersyukur lagi karena dana JPD tahun ini naik dibandingkan tahun sebelumnya. Maka, sudah selayaknya orang tua berterima kasih kepada Pemerintah yang telah menyelenggarakan program ini.

Selama beberapa tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta makin memperhatikan kebutuhan warganya, terutama menyangkut pendidikan. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi seorang anak tidak dapat sekolah karena tidak punya biaya. Juga tidak ada alasan seorang anak putus sekolah karena orang tua tidak mampu membiayai. Orang tua justru dimohon untuk betul-betul mendukung anak bersekolah, jangan membiarkan anak membolos. Selama ini yang terjadi di sekolah, beberapa siswa KMS justru sering membolos, bahkan ada yang membolos berhari-hari, ada yang mogok tidak mau sekolah. Sayang sekali bila uluran tangan Pemerintah untuk membantu warganya memperoleh pendidikan disia-siakan. Tentunya orang tua tidak ingin anak-anaknya kelak bernasib kurang beruntung seperti orang tuanya saat ini. Tentu orang tua berharap anak-anaknya memiliki masa depan yang cerah, hidup layak, dan sejahtera.

Acara sosialisasi berlangsung dengan lancar. Orang tua cukup antuasias mengikuti acara dari awal sampai akhir yang berlangsung sekitar dua jam. Dengan mengikuti sosialisasi ini, orang tua pemegang KMS diharapkan betul-betul memahami bahwa sekolah memang diberi kewenangan oleh Pemeintah untuk membantu mengelola dana JPD. Semua itu semata-mata untuk kepentingan anak-anak, pemilik masa depan.

Yogyakarta, 23 januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s