SMP Negeri 10 Yogyakarta Menyongsong Ujian Nasional 2014

Pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2014 diselenggarakan acara Sosialisasi Ujian Nasional 2014 di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri orang tua atau wali siswa kelas IX dan pengurus komite sekolah. Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa ujian nasional merupakan suatu tahapan yang harus dijalani seluruh siswa kelas IX untuk dapat lulus dari jenjang pendidikan SMP dan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu Kepala Sekolah mengajak seluruh orang tua untuk mendukung dan mendampingi putra putrinya dalam meraih kesuksesan dalam ujian naional nanti.

Untuk mencapai kesuksesan dalam ujian nasional, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, yatu persiapan otak (materi ujian), persiapan fisik, dan persiapan mental.

  1. Persiapan Otak (Materi Ujian)Dalam persiapan materi ujian, SMP Negeri 10  mengadakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

    a.  Pelajaran Tambahan untuk siswa kelas IX

    Pelajaran tambahan ini untuk 4 mapel ujian, diberikan siang hari seusai sekolah. Para guru yang mengajar diminta memberikan materi dan soal-soal yang sesuai dengan SKL dan kisi-kisi ujian. Diharapkan soal-soal tersebut dapat memprediksi soal ujian nasional.

    b.  Tes Pendalaman Materi Tingkat Sekolah

    TPM Sekolah diselenggarakan sebanyak empat kali. Tujuannya untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa mengerjakan soal-soal yang dibuat mirip dengan soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Hasil TPM dianalisis kemudian ditindaklanjuti di kelas.

    c.  Tes Pendalaman Materi Tingkat Kota

    TPM Tingat Kota untuk tahun ini diselenggaran dua kali.

    d.  Tes Pendalaman Materi Tingkat Provinsi

    TPM Tingkat Provinsi untuk tahun ini diselenggarakan dua kali.

  2. Persiapan Fisik

    Dalam persiapan fisik, dimohon orang tua selalu mengingatkan putra-putrinya untuk tidak memforsir diri dalam belajar sehingga tidak terlalu lelah. Yang ditekankan bukan kuantitas belajar tapi kualitasnya. Orang tua juga dimohon mengawasi kegiatan putra-putrinya dan mengurangi kegiatan yang kurang perlu. Untuk menjaga kondisi siswa, orang tua juga perlu mengontrol makanan, kalau bisa memberikan makanan yang lebih baik dan bervitamin sehingga kesehatan anak-anak selalu terjaga dan tidak mudah terinfeksi virus. Anak-anak harus sarapan setiap pagi agar di sekolah memiliki kekuatan untuk menerima materi pelajaran.

  3. Persiapan Mental

    Yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan mental. Ujian Nasional bukanlah hal yang harus ditakuti. Anak-anak harus diyakinkan bahwa mereka pasti bisa mengerjakan Ujian Nasional bila mereka sungguh-sungguh berusaha. Meskipun demikian, anak-anak harus selalu dilatih untuk mengerjakan soal dengan teliti dan hati-hati. Selain itu, semua yang telah dipersiapkan harus didukung dengan doa permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kesuksesan yang akan diraih tak lepas dari kehendak-Nya.

Akhirnya Kepala Sekolah mengajak orang tua untuk bekerja sama dengan sekolah dalam mencerdaskan anak-anak, menyiapkan mereka tidak hanya saat menyongsong ujian saja tapi juga menyiapkan mereka menjadi insan mandiri, insan yang paripurna.

Yogyakarta, 25 januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s