Workshop Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 10 Yogyakarta

IMG_0044

Pada tanggal 12-14 Februari 2014 diselenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum 2014 di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Workshop tersebut diikuti oleh 38 guru SMP Negeri 10 Yogyakarta. Workshop dibuka oleh Drs. Sugeng Mulya Subono, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Sebagaimana telah diketahui, Kurikulum 2013 ini dipersiapkan untuk menyiapkan peserta didik yang tidak sekadar cerdas kognitif, tetapi juga cerdas spiritual, emosional, dan sosial, serta mampu bersaing dalam kondisi apa pun di dunia global. Ada dua hal yang mendasar dalam Kurikulum 2013, pertama basis kreativitas yang melahirkan inovasi dan kedua, moralitas yang mengawal dan menyiapkan mental siswa agar dapat menghadapi tantangan masa depan. Semua dasar ini dirumuskan dalam satu pemahaman, yakni ingin mengembangkan kompetensi siswa baik secara spiritual, emosional, sosial, intelektual sehingga dapat menjadi generasi yang handal dan bertanggung jawab di masa yang akan datang.

Melihat tujuan yang mulia tersebut, sudah selayaknya sekolah sebagai tempat mendidik generasi muda menyambut hadirnya Kurikulum 2013 ini dengan gembira dan penuh harapan. Seluruh guru, karyawan, maupun siswa SMP Negeri 10 Yogyakarta juga menyambut pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015 nanti dengan gembira, penuh harapan, dan penuh semangat.  Untuk itu, telah dilakukan berbagai persiapan, di antaranya adalah penyelenggaraan workshop ini.

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan mampu (1) memahami kebijakan pemerintah tentang Kurikulum 2013, (2) merencanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013, (3) melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013, dan (4) melakukan penilaian dalam pembelajaran sesuai Kurikulum 2013.

Workshop Implementasi Kurikulum 2013 ini berisi tentang kebijakan pemerintah tentang Kurikulum 2013 serta materi tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian menurut Kurikulum 2013. Materi diberikan oleh Drs. Sugeng Mulyo Subono, Drs. Nur Widayat, M.Pd., dan Drs. Rudi Darmawan, M.Pd.  Selain materi tatap muka, juga diberikan tugas mandiri yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan latihan melakukan penilaian. Dengan mengikuti workshop ini, diharapkan seluruh guru SMP Negeri 10 Yogyakarta lebih siap dalam menghadapi berlakunya kurikulum baru tersebut. Semoga sukses. (yns)

One thought on “Workshop Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 10 Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s