Akibat Hujan Abu di Yogyakarta, Sekolah Libur 2 Hari

vulkanikJumat, 14 Februari 2014 di Yogyakarta terjadi hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud di Jawa Timur. Pukul 06.00 suasana masih gelap seperti tertutup kabut tebal. Kabut tebal itu ternyata abu berwarna agak putih yang turun dari langit seantero Yogyakarta.  Sinar matahari yang seharusnya sudah menerangi Kota Yogyakarta tertutup abu vulkanik. Kejadian ini tentunya mengingatkan warga Yogya saat erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu.

Kondisi itu menyebabkan sebagian warga yang sudah bersiap beraktivitas di luar rumah seperti ke kantor, ke sekolah, ke pabrik, ke toko, ke pasar, dll. memilih untuk menunda keberangkatan. Debu yang sangat tebal menyebabkan jarak pandang menjadi amat terbatas dan ini sangat membahayakan pengendara kendaraan di jalan. Beberapa kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara sulit melihat kendaraan lain. Selain itu, di beberapa tempat diguyur hujan sehingga jalanan menjadi sangat licin akibat tercampurnya debu vulkanik dan air hujan.

Pemerintah Kota Yogyakarta mengeluarkan instruksi tertanggal 14 Februari 2014 pada pukul 09.00 dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan peserta didik serta ketenangan dalam belajar, kegiatan belajar mengajar bagi siswa TK, SD, SMP, SMA, dan SMK pada Jumat dan Sabtu, 14 dan 15 Februari diliburkan.  Walikota juga mengimbau warga untuk tidak perlu panik menghadapi situasi bencana alam hujan abu dan kegempaan ini. Mudah-mudahan Allah Tuhan YME selalu memberikan perlindungan dan keselamatan kepada kita semua.

SMP Negeri 10 Yogyakarta juga meliburkan siswa pada 14 dan 15 Februari 2014. Pada hari Jumat nyaris tidak ada aktivitas di sekolah. Aktivitas dimulai pada hari Sabtu 15 Februari yaitu dengan kerja bakti karyawan. (yns)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s