Kerja Bakti Karyawan SMP N 10 Yogyakarta Membersihkan Abu Vulkanik

vulkanik1Sabtu, 15 Februari 2014 seluruh karyawan SMP Negeri 10 Yogyakarta bekerja bakti membersihkan sekolah yang tertutup abu vulkanik akibat hujan abu yang terjadi Jumat, 14 Februari 2014. Hampir seluruh bagian sekolah tertutup debu tebal yang berwarna agak putih. Halaman sekolah, lapangan basket, taman, kebun, kolam ikan semua tertutup debu. Debu juga menghambur ke ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, kantin, perpustakaan, kelas-kelas, dan ruang-ruang lain.

Ketika debu yang menutupi lapangan basket dikeruk, hasil kerukannya menggunung. Demikian pula yang ada di halaman sekolah. Untuk membersihkan jalan di depan sekolah yang tertutup debu tebal digunakan alat penyemprot air menggunakan diesel. Air didapatkan dari saluran air di depan sekolah. Hal itu dilakukan agar jalan di depan sekolah tidak terlalu berdebu, terlebih-lebih jalan tersebut digunakan juga oleh penduduk kampung dan berbatasan dengan SD N Pakel. Terima kasih kepada seluruh karyawan yang bekerja bakti penuh semangat demi membersihkan sekolah tercinta.

Meskipun kerja bakti dilakukan hingga menjelang sore, sekolah belum bersih sepenuhnya. Debu yang tersisa masih sangat banyak. Untuk itu akan dilakukan kerja bakti massal pada hari Senin, 17 Feberuari 2014 yang melibatkan karyawan, guru, maupun siswa. Guru bersama-sama akan membersihkan ruang guru sedangkan siswa akan bersama-sama membersihkan ruang kelas masing-masing.

Marilah kita memaknai kejadian alam ini sebagai bagian dari dinamika alam yang memang harus terjadi karena kehendak-Nya.  Gunung meletus, abu vulkanik, dan hujan, semua itu akan memberikan kesuburan di bumi yang bermanfaat bagi manusia. Kita dapat memetik pelajaran bahwa sudah selayaknya manusia bersahabat dengan alam karena alam sebenarnya selalu memberi. Oleh sebab itu jangan sekali-kali memusuhi alam, dengan merusaknya, menggunduli hutan, membuang sampah sembarangan, mengeksploitasi hasil tambang semaunya, semua itu manusia juga yang akan menanggung akibatnya. (yns)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s