Siswa Kelas VII SMP 10 Yogyakarta Belajar di Kebun Binatang Gembira Loka

bunbinPada hari Sabtu, 22 Februari 2014 seluruh siswa kelas VII bersama wali kelas melakukan outdoor study di Kebun Binatang Gembira Loka. Para siswa berkumpul di pintu masuk Gembira Loka tepat pada pukul 07.00 untuk diberi pengarahan, kemudian bersama-sama dengan para guru masuk kebun binatang pada pukul 07.30.

Tujuan outdoor study ini adalah agar para siswa mengenal lingkungan, baik tetumbuhan maupun berbagai satwa secara langsung. Selama ini siswa mengenal berbagai tumbuhan dan binatang lebih banyak dari buku, gambar-gambar, film, maupun internet. Padahal, jenis tumbuhan dan binatang sangat banyak dan tidak mungkin semuanya dapat dilihat langsung di habitatnya karena berbagai keterbatasan. Dengan mengajak mereka belajar mengamati secara langsung di kebun binatang, siswa dapat belajar secara kontekstual. Hal ini tentunya lebih menarik bagi siswa. Tidak hanya belajar, para siswa sekaligus dapat refreshing dengan melihat kebun binatang yang indah dan tertata rapi. Memang di sana-sini masih tampak abu sisa-sisa hujan abu vulkanik yang terjadi pada 13 Februari yang lalu. Namun hal itu tidak mengurangi makna belajar siswa di tempat tersebut.

Di Kebun Binatang Gembira Loka para siswa mengamati bermacam-macam tumbuhan dan berjenis-jenis binatang yang ada di sana. Dipilihnya kebun binatang Gembira Loka karena lokasinya cukup dekat dari sekolah sehingga siswa tidak kesulitan sampai ke sana. Gembira Loka yang merupakan kebun binatang kebanggaan Yogyakarta saat ini sudah direnovasi sehingga menjadi lebih bagus dan tertata. Selain itu jenis-jenis binatang yang ada di sana cukup banyak.

Dalam proses belajar, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok. Mereka mendapatkan tugas dari para guru, khususnya Guru IPA, IPS, dan Matematika. Para siswa harus menyelesaikan tugas dan menyerahkannya dalam bentuk laporan tertulis secara kelompok.

Outdoor study di kebun binatang berlangsung sampai menjelang jam makan siang. Meskipun berjalan cukup jauh menyusuri rute di kebun binatang, anak-anak terlihat gembira. Beberapa siswa bahkan mengatakan bahwa baru sekali itu mereka mengunjungi kebun binatang dan mereka sangat senang. Setelah cukup puas belajar di kebun binatang, para siswa bersama bapak ibu guru mengakhiri outdoor study dengan makan bersama-sama.

Kegiatan belajar yang dilakukan siswa bersama guru di kebun binatang menunjukkan bahwa belajar tidak hanya dapat dilakukan di kelas saja, melainkan dapat dilakukan di mana pun. Semakin nyata objek yang dipelajari, semakin mudah mempelajarinya. Semoga pelajaran hari ini sungguh-sungguh bermanfaat. (ns)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s