Pelantikan Dewan Penggalang (Kegiatan Pramuka Gudep 1313, 1314)

Persami

Dalam rangka Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Penggalang Gudep 1313 dan 1314 yang berpangkalan di SMP Negeri 10 Yogyakarta  diadakan Persami pada hari Sabtu s.d. Minggu 1-2 Maret 2014 bertempat di sekolah. Selain kegiatan utama yaitu pelantikan dan pengukuhan DP, diadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan, keberanian, kekompakan, kerja sama,  dan menumbuhkan rasa patriotisme.

Kegiatan dimulai pada pukul 15.00 dengan upacara pembukaan di halaman sekolah, pembagian lokasi, dan ceking perbekalan. Dilanjutkan dengan istirahat dan sholat ashar. Pukul 17.30 peserta menuju ke Pos I yang ada di Masjid Hadatul Huda Salakan Jotawang, Masjid Al Munafir Salakan, dan Masjid Al-Ikhlas Karang Kunti. Di Pos I para peserta diberi kesempatan untuk sholat magrib.

Pada pukul 19.00 peserta menuju ke Pos II yaitu Masjid Jogokariyan. Di sini para peserta melakukan sholat isya sambil mengenal pejabat setempat. Di Pos II ini para penggalang diberi soal-soal mengenai sandi.

Pukul 19.30 peserta melanjutkan perjalanan ke Pos III yaitu di Benteng Kandang Menjangan Krapyak (dulu Gardu Pandang). Di tempat ini penggalang diberi soal-soal mengenai pengetahuan kepramukaan.

Dilanjutkan ke Pos IV, V, dan VI yang ada di Kompleks Makam Krapyak. Di sini penggalang diberi soal tentang tanaman hias dan obat-obatan, soal-soal tentang ketajaman indera penciuman. Para penggalang juga diberi tugas untuk menuliskan 10 nama yang ada di batu nisan di kuburan Krapyak. Ini untuk melatih keberanian mereka. Mereka juga mendapatkan tugas untuk memecahkan sandi untuk menuju ke pos selanjutnya. Di Pos VI mereka harus melaporkan kegiatan yang sudah selesai mereka lakukan.

Pukul 21.30 peserta menuju Pos VII yang ada di Asrama Putri Krapyak Wetan. Mereka harus mengerjakan sandi huruf yang isinya petunjuk untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Pos VIII. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan menuju ke pos terakhir.

Pada pukul 22.30 sampailah peserta di Pos VIII yaitu SMP N 10 Yogyakarta. Di sini peserta harus melaporkan tugas-tugasnya dilanjutkan dengan istirahat sebentar.

Acara pelantikan Dewan Penggalan dilaksanakan pada pukul 22.45 dengan perwakilan kelas VII dan VIII yang terdiri atas delapan anggota penggalan putra dan sepuluh anggota penggalang putri. Usai pelantikan, seluruh peserta istirahat sampai dini hari.

Dini hari, kira-kira pukul 03.30 dilakukan sholat tahajud, dilanjutkan sholat subuh. Sesudahnya para peserta mendapat siraman rohani dari Guru Agama Islam. Pukul 05.00 dilakukan acara bersih-bersih lokasi dan persiapan pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan yang rutin dilakukan di Gudep 1313 dan 1314 yang berpangkalan di SMP Negeri 10 Yogyakarta ini berjalan dengan lancar, tertib, dan sukses. Semoga bermanfaat. (sumber: Laporan Pembina Pramuka)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s