KARTU CERDAS

Mulai tahun 2014, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan beasiswa bagi siswa miskin dalam bentuk Kartu Cerdas untuk memenuhi kebutuhan pribadi siswa di jenjang Pendidikan Dasar. Kartu Cerdas ini dimaksudkan untuk memberikan stimulus/rangsangan daya dukung biaya operasional, fasilitas serta keperluan sekolah siswa sehingga mereka mampu meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatkan kualitas akademiknya.

Tujuan pemberian Kartu Cerdas yaitu (1) agar tidak ada siswa pada jenjang Pendidikan Dasar yang tidak bersekolah karena alasan ekonomi (tidak bisa membayar untuk keperluan sekolah), (2) memberikan motivasi/semangat kepada semua siswa khususnya siswa miskin untuk tetap semangat dan berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik dengan memberikan beasiswa siswa miskin kepada siswa yang memenuhi syarat pada masing-masing sekolah, (3) mengurangi angka putus sekolah untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam program ini tiap siswa yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa miskin dalam bentuk Kartu Cerdas senilai Rp1.260.000,00 (satu juta dua ratus enam puluh ribu rupiah) per tahun. Apabila dalam waktu satu tahun siswa yang mendapat Kartu Cerdas dibebani biaya pendidikan kurang dari jumlah nilai yang tertera di Kartu Cerdas, maka sisa dana yang dikelola sekolah diberikan sepenuhnya kepada siswa yang bersangkutan tanpa ada potongan apa pun dari pihak sekolah.

Kartu Cerdas dapat dimanfaatkan untuk (1) biaya keperluan pribadi terutama yang terkait dengan pendidikan, misalnya: membeli sepatu, seragam, tas, perlengkapan sekolah, (2) membayar biaya les tambahan, (3) keperluan lain yang bersifat mendukung pengembangan diri siswa, (4) iuran bulanan sekolah (untuk sekolah swasta), (5) biaya transportasi siswa ke sekolah, dan (6) uang saku siswa.

Masa berlakunya Kartu Cerdas akan habis (Pembatalan) jika penerima  (1)berhenti sekolah, (2) menerima beasiswa dari sumber lain, (3) telah didakwa dan terbukti melakukan tindak kriminal, (4) dipergunakan tidak sesuai peruntukannya.

Syarat dan ketentuan calon pemegang Kartu Cerdas: (1) siswa dari keluarga miskin dibuktikan dengan memiliki Kartu Miskin, (2) tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain (Contoh BSM dari Jakarta), (3) siswa memiliki sikap, karakter dan budi pekerti yang baik dengan direkomendasikan oleh Kepala Sekolah masing-masing, (4) terdaftar sebagai siswa aktif pada Sekolah Menengah Pertama Negeri maupun Swasta di Wilayah DIY, (5) diusulkan sekolah masing-masing.

Mudah-mudahan Kartu Cerdas yang akan diberikan betul-betul tepat sasaran sehingga sungguh-sungguh memekarkan harapan siswa miskin untuk dapat melanjutkan pendidikan sehingga kelak mereka betul-betul menjadi manusia-manusia yang cerdas. Semoga. (y. niken sasanti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s