Pertemuan dengan Orang Tua Kelas VIII

IMG_3194

Pada tanggal 13 September 2014 bertempat di aula SMP Negeri 10 Yogyakarta dilaksanakan pertemuan orang tua siswa kelas VIII. Dalam pertemuan tersebut disampaikan  Sosialisasi Kurikulum 2013 dan Informasi dari Sekolah kepada Orang Tua Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan hal rutin yang selalu dilakukan dengan tujuan (1) untuk menjalin komunikasi dengan orang tua siswa kelas VII, (2) untuk membuka kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua, (3) untuk memberikan informasi mengenai program-program sekolah, dan (4) untuk memberikan informasi mengenai kegiatan pembelajaran di sekolah. Acara dihadiri oleh Kepala Sekolah, Pengurus Komite, Para Guru, serta Orang Tua Siswa Kelas VIII.

Bertepatan dengan awal diberlakukannya kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013, sekolah perlu memberikan sosialisasi kepada orang tua karena pembelajaran menggunakan kurikulum baru tersebut memiliki beberapa perbedaan dengan kurikulum lama. Kurikulum baru tersebut dilaksanakan serentak baik di kelas VII maupun kelas VIII. Dalam kurikulum baru, pembelajaran di kelas lebih mengaktifkan siswa. Guru bukan lagi sebagai sosok yang banyak memberi tahu di kelas, justru siswalah yang diharuskan mencari tahu lewat berbagai sumber belajar, antara lain buku, internet, majalah, alam sekitar, dan sebagainya. Guru hanyalah salah satu sumber belajar saja. Peran guru lebih sebagai fasilitator, bukan pengajar. Dalam kurikulum baru, pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan tahap-tahap mengamati, menanya, mencoba atau mencari data, mengasosiasi atau menalar, dan mengkomunikasikan. Selain itu, bila memungkinkan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencipta. Karena kelas VIII pada tahun lalu masih menggunakan kurikulum lama, maka pembelajaran pada awal tahun ajaran diawali dengan pemberian materi kelas VII sebagai matrikulasi.

Selain sosialisasi kurikulum baru, pada kesempatan tersebut juga disampaikan mengenai tata tertib sekolah, hal-hal yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu kesuksesan anak-anaknya dalam belajar, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. Acara diakhiri dengan Pembentukan Paguyuban Orang Tua Siswa Kelas VIII. (YNS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s