Workshop Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 10 Yogyakarta

IMG_3220

Pada hari Senin, 15 September 2014 di SMP Negeri 10 Yogyakarta diadakan workshop mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Sebagai pembicara adalah Drs. Sugeng Mulya Subono, Drs. Aris Widodo, dan Drs. Nur Widayat,M.Pd. Ketiganya dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Acara tersebut terselenggara berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dengan SMP Negeri 10 Yogyakarta.

Kepala SMP Negeri 10 Yogyakarta, Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa mendidik dan mengatasi kesulitan anak dalam belajar adalah hal yang biasa dilakukan para guru, terlebih para guru SMP Negeri 10 Yogyakarta yang dalam keseharian terbiasa menghadapi anak yang berkemampuan akademik tinggi maupun rendah. Meskipun demikian, acara workshop tersebut disambut dengan baik mengingat bahwa keadaan siswa pada masa dulu dengan sekarang sudah jauh berbeda. Hal-hal yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa juga berbeda seiring dengan kemajuan teknologi dan masalah sosial yang semakin kompleks. Oleh sebab itu, pengetahuan dan kemampuan para guru SMP Negeri 10 Yogyakarta perlu disegarkan kembali. Dengan mengikuti workshop tersebut diharapkan para guru semakin baik dalam mendidik siswa, dan semakin memahami bahwa kebutuhan tiap siswa berbeda satu sama yang lain, bahkan ada siswa yang berkebutuhan khusus yang tentunya harus diperlakukan secara khusus pula.

Drs. Sugeng Mulyo Subono menyebutkan bahwa berdasarkan UU tentang Pendidikan Inklusi dan Peraturan Walikota No. 40/2008 tentang Pendidikan Inklusi, maka instansi pendidikan mempunyai kewajiban mempertanggungjawabkan mengenai layanan masyarakat, bahwa seluruh anak Indonesia mempunyai hak yang sama dalam memperoleh layanan pendidikan, baik anak itu kaya, miskin, pandai, kurang pandai, normal, maupun cacat. Drs. Aris Widodo berbicara mengenai ciri-ciri anak yang berkebutuhan khusus dan bagaimana guru mengenali anak-anak yang berkebutuhan khusus di kelas, sedangkan Drs. Nur Widayat, M.Pd. memaparkan bagaimana pembelajaran di kelas sesuai Kurikulum 2013 untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Peserta workshop yang terdiri atas guru dan karyawan SMP Negeri 10 Yogyakarta, ditambah dengan mahasiswa UAD yang sedang melaksanakan PPL, dan dua dosen UIN yang turut mengamati kegiatan workshop, cukup antusias mengikuti seluruh kegiatan dari awal sampai akhir. (Nisa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s