Peringatan Hari Raya Idul Adha di SMP 10 Yogyakarta

IMG_9419

Pada tanggal 6 Oktober 2014 SMP Negeri 10 Yogyakarta memperingati Hari Raya Idul Adha, diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Bapak Watijo Hastoro, S.Si, S.Pd. Acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban dan berbagai lomba untuk siswa serta memasak bersama.

Dalam upacara pembukaan, Bapak Hastoro mengemukakan bahwa Idul Adha adalah sebuah hari yang memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya yaitu Ismail, yang kemudian diganti oleh Allah dengan domba. Peristiwa ini juga merupakan bukti adanya seorang anak yang berbakti kepada orang tua, yaitu pada saat Ismail bersedia untuk dijadikan kurban oleh ayahnya (Nabi Ibrahim). Idul Adha juga merupakan puncak ibadah haji yang dilaksanakan umat muslim. Terkadang Idul Adha disebut juga sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yaitu 2 ekor lembu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh   Guru dan Karyawan SMP Negeri 10 Yogyakarta dibantu oleh para siswa. Daging kurban kemudian dibagi kepada  shohibul kurban dan untuk masyarakat sekitar SMP Negeri 10 Yogyakarta. Shohibul kurban terdiri dari Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMP Negeri 10 Yogyakarta.

Sebagian siswa yang lain ikut berpartisipasi dalam berbagai perlombaan. Dari setiap kelas berpartisipasi dalam lomba takbir, lomba nasyid dan kegiatan memasak untuk kelas masing-masing. Di sini dapat kita lihat kreativitas setiap kelas dalam mengikuti perlombaan. Dalam lomba takbir setiap kelas diminta menampilkan atraksinya selama 3 menit, dilanjutkan takbir keliling kompleks SMP Negeri 10 Yogyakarta. (Nurul Hidayati)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s