Sosialisasi Penilaian dan Format Laporan Hasil belajar Siswa Menurut Kurikulum 2013

IMG_3905

Seperti yang sudah diketahui bersama, pada awal tahun ajaran baru yang lalu, yaitu bulan Juli 2014, Pemerintah menetapkan bahwa seluruh sekolah di Indonesia harus melaksanakan Kurikulum 2013. SMP Negeri 10 Yogyakarta juga mulai melaksanakan Kurikulum 2013 baik di kelas VII maupun VIII. Dengan sendirinya dari proses pembelajaran sampai ke penilaian mengikuti format baru sesuai Kurikulum 2013. Demikian pula untuk format rapornya.

Dalam Kurikulum 2013, penilaian meliputi (1) sikap, (2) pengetahuan, dan (3) keterampilan. Ketiganya harus dinilai setiap kali guru mengajar, disebut penilaian otentik. Selain itu juga ada penilaian non otentik, misalnya penilaian mid semester atau akhir semester. Baik nilai sikap, pengetahuan, maupun keterampilan akan muncul pada nilai rapor. Hal ini berbeda dengan rapor sebelumnya yang hanya menampilkan satu nilai saja yaitu nilai pengetahuan. Selain itu nilai yang muncul di rapor merupakan hasil konversi dengan nilai maksimal 4. Perbedaan yang lain adalah, penilaian sekarang bukan hanya angka saja melainkan juga huruf yang menunjukkan kualitas, misalnya A, A-, B+, B, B-, dan seterusnya. Untuk nilai sikap, kualitasnya bisa sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K). Nilai kuantitas dan kualitas itu masih dilengkapi dengan deskripsi nilai. Dari deskripsi ini akan diketahui seberapa jauh kemajuan siswa dalam belajar.

Sekolah perlu menyosialisasikan penilaian tersebut agar para orang tua mengerti bagaimana membaca laporan hasil belajar putra putrinya. Sosialisasi dihadiri orang tua kelas VII dan kelas VIII. (nisa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s