Penanaman Nilai-nilai Luhur melalui Pendidikan di Sekolah

sarasehan

Pada hari Sabtu, 28 Februari 2015 berlangsung sarasehan tentang pendidikan berbasis budaya di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Pesertanya adalah seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 10 Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Provinsi DIY tersebut menghadirkan narasumber Bapak Budi Sardjono, penulis, novelis, pemerhati budaya yang saat ini juga menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Budaya Adiluhung.

Kepala SMP Negeri 10 Yogyakarta, Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd. dalam pengantarnya mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi DIY memiliki kebijakan khusus berkaitan dengan pendidikan di DIY dengan pengembangan pendidikan berbasis budaya. Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945, Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia  di tengah peradaban  dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. Atas dasar amanat tersebut untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai luhur masyarakat Yogyakarta, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun2011 tentang Tata Nilai Budaya Yogyakarta dan Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya.

Pendidikan sebagai upaya penanaman tata nilai budaya dalam diri peserta didik, merupakan salah satu bentuk strategi yang paling dapat diandalkan, dikarenakan pendidikan dapat dilakukan melalui jalur pendidikan formal, jalur pendidikan nonformal, dan jalur  pendidikan informal. Melalui langkah ini, nilai-nilai luhur budaya yang berkembang diharapkan mampu ditransfer  melalui  proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan memperhatikan falsafah jawa 4n yaitu nontoni (mengamati), niteni (memperhatikan), niroke (meniru), dan nambahi (menambahkan).

SMP Negeri 10 Yogyakarta yang terletak di Wilayah DIY juga berusaha melaksanakan pendidikan berbasis budaya. Pelaksanaannya melalui kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan lainnya. Dengan melaksanakan pendidikan berbasis budaya, diharapkan nantinya siswa SMP Negeri 10 Yogyakarta tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga menjadi insan yang berbudaya. Hal ini sesuai dengan visi sekolah, yaitu “bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, dan berbudaya”.

Pengembangan pendidikan berbasis budaya di SMP Negeri 10 Yogyakarta dimaksudkan untuk ikut melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya dan adat-istiadat Daerah Istimewa Yogyakarta melalui pendidikan di sekolah.

Bapak Budi Sardjono menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur yang dapat ditanamkan untuk siswa di sekolah dapat diperoleh dari nilai-nilai luhur yang terdapat dalam berbagai kesenian maupun hasil budaya yang lain. Dalam pewayangan banyak sekali nilai luhur yang bisa dijadikan tuntunan hidup yang lebih baik. Si situ selalu terjadi “perang” antara pihak yang dianggap salah melawan pihak yang dianggap benar. Dapat dipastikan kebenaran akan menang melawan kebatilan, kelicikan akan bisa dikalahkan dengan kebijaksanaan.

Dalam seni busana, motif-motif batik klasik sarat dengan nilai-nilai luhur. Motif parang rusak barong misalnya, merupakan ekspresi pengalaman jiwa seorang raja lengkap dengan segala tugas yang harus diembannya, namun juga sekaligus mencerminkan dirinya sebagai makhluk lemah di hadapan Sang Pencipta. Motif sido luhur mengingatkan manusia untuk hiduyp dalam keluhuran baik lahir maupun batin. Keluhuran lahir tercukupi secara materi sementara keluhuran batin berkaitan dengan budi pekerti, ucapan, dan perbuatan sehari-hari di tengah masyarakat.

Dalam seni tempa (keris) kita pun bisa menggali banyak nilai luhur. Demikian pula dalam khazanah sastra, baik prosa maupun puisi, banyak nilai luhur yang disodorkan oleh pengarangnya. Sekolah bisa memilih nilai-nilai luhur mana yang cocok diterapkan melalui proses pendidikan dan pembelajaran di kelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s