Peringatan HUT Kota Yogyakarta di SMP 10 Yogyakarta

 

Tanggal 7  Oktober 2014 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta, SMP Negeri 10 Yogyakarta turut berpartisipasi dalam memperingati dan memeriahkan HUT Kota Yogyakarta.

 

Acara tersebut diawali dengan upacara yang diikuti segenap warga SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan menggunakan bahasa Jawa dan pakaian  adat Yogyakarta.  Upacara dipimpin oleh Ibu Siti Dwiyatmi, S.Pd, guru bahasa Jawa SMP Negeri 10 Yogyakarta. Beliau di antaranya menjelaskan tentang nama Ngayogyakarta sebenarnya berasal dari kata hayu, bagya, dan karta. Kata hayu berarti indah, bagya berarti mulia, dan karta berarti sejahtera. Secara  harfiah Ngayogyakarta dapat diartikan sebagai tempat yang indah, mulia, dan  sejahtera. Upacara diakhiri pukul 08.00, dan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh para siswa.

Setiap kelas diwajibkan mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kegiatan lomba, di antaranya lomba dimas diajeng dan  lomba mocopat. Lomba tersebut berjalan dengan sangat meriah dan disambut tepuk tangan serta sorak-sorai dari para penonton. Adapun tujuan dilaksanakan acara ini, agar anak didik mengenal seperti apa pakaian adat gaya Yogyakarta  yang betul, bisa melagukan tembang mocopat  dan mengamalkan apa yang tersirat dalam tembang tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (Nurul Hidayati)

One thought on “Peringatan HUT Kota Yogyakarta di SMP 10 Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s